Al-Qudduus narsis

Al-Qudduus narsis

Rabu, 02 November 2011

Persiapan Idhul Qurban


Hmmmmm.... bentar lagi idhul Qurban nih! Semua umat muslim pasti tahu donk apa itu idhul Qurban.
Yapzz!! umat muslim lainnya menyebut Idhul Adha atau Lebaran haji, yang tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijah dan hari tasyrik tanggal 11, 12, 13 dzulhijah klo tahun ini bertepatan tanggal 06 november 2011.

Kenapa Lebaran Haji? karena pada tanggal-tanggal tersebut banyak umat islam diseluruh penjuru dunia sedang mengerjan rukun islam yang ke5 yaitu haji. Mereka berbondong-bondong ke mekah mendatangi rumah Allah di kota yang suci itu berdasakan apa yang dilakukan Rasulullah kita, Muhammmad SAW.
Lalu mengapa orang-orang menyebut Idhul Qurban? jawabannya karena pada hari itu umat muslim menyembelih hewan yang ditentukan seperti kambing, sapi, biri-biri dan unta. Kira-kira untuk apa ya? Nahh... ini seperti kisahnya Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Dahulu kala, Nabi Ibrahim pernah bermimpi diperintah Allah untuk menyembelih anaknya sendiri Nabi Ismail. Beliau menceritakan mimpi tersebut kepada Nabi Ismail. Karena apa yang ada di dalm mimpi itu adalah perintah Allah, dengan berat hati Nabi Ibrahim melaksanakannya meskipun beliau juga tidak tega.
Nabi Ibrahim menutup kepala Nabi Ismail dengan kain lalu dengan pisau yang tajam beliau segera menebas kepala Nabi Ismail. Karena cinta dan KasihNya, Allah merubah Nabi Ismail itu menjadi seeekor domba. Alhasil Nabi ismail tidak jadi mati.

Teman-teman ada beberapa sunnah ketika mendekati Idhul Qurban,yang lebih baik kalau kita mengerjakannya diantaranya puasa Tarwiyah dan puasa Arofah. tepatnya, tanggal 8 dan 9 dzulhijjah. Sebagai sesama umat muslim akan lebih baik kalau kita selalu mengingatkan dalam kebaikan. Semoga Allah selalu menunjukkan bimbingannya buat kita.

kita anak Al-qudduus tidak terlalu banyak persiapan kok, mungkin persiapan untuk puasa sunahnya dan pesta Qurbannya. hehe....
o ya, kakak-kakak dari senyum comunity akan datang ke Al-Qudduuus lho! pasti acaranya akan semakin heboh nich....
selamat hari raya Idhul adha..... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar